Kepuasan Kerja

Secara sederhana, kepuasan kerja adalah perasaan seseorang terhadap pekerjaannya. Ini berarti bahwa konsepsi kepuasan kerja melihatnya sebagai hasil interaksi manusia terhadap lingkungan kerjanya. Di samping itu, perasaan seseorang terhadap pekerjaan tentulah sekaligus merupakan refleksi dari sikapnya terhadap pekerjaan.

Pada dasarnya kepuasan kerja merupakan hal yang bersifat individual. Setiap individu akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda – beda sesuai dengan sistem nilai – nilai yang berlaku dalam dirinya. Ini disebabkan karena adanya perbedaan pada masing – masing individu. Semakin banyak aspek-aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu, maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan, dan sebaliknya.

Di dalam sebuahh perusahaan, pasti ada seorang karyawan yang mengalami tekannan akibat dari pekerjaan yang diberikan oleh manajernya. Jika karyawan/pegawai tersebut mengalami tekanan/stress, kehadiran dan tugasnya akan ditinggalkan. Jika hal itu terjadi, maka seorang manajer harus tahu seumber dari mana datangnya stress tersebut, apakah pernyebabnya berasal dari manajernya sendiri/tidak.

Setelah mengetahui penyebab dari masalahnya itu, dilakukan treatment yaitu seorang karyawan belum mengerti cara mengerjakan dari tugas yang diberikannya dan tugas seorang manajer harus mengajari caranya atau memberikan pengetahuan ke anak buahnya tersebut.


Jika ada seorang karyawan yang di kantor sebelumnya, setiap dia mencapai sesuatu yang ditugaskan manajer, dia diberikan reward. Tetapi setelah pindah di kantor yang sekarang dia tidak pernah diberi reward, meskipun sudah mencapai apa yang diinginkan manajernya. Dan pada akhirnya, sekarang dia untuk datang ke kantor malas dan melakukan tugasnya jadi bermalas-malasan. Jika hal itu terjadi, seorang manajer harus memanggil karyawan itu dan memberikannya nasihat-nasihat. Tetapi setelah dipanggi 3X tetap masih bermalas-malasan, maka diberikan konsuling untuk karyawan itu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

audisi cerpen detektif indonesia