Komunikasi dan Pengambilan Keputusan
 Dalam pengambilan keputusan lebih baik dilakukan secara kelompok daripada secara individu. Karena kalau secara individu, keputusan yang diambil belum tentu tepat atau diterima dengan semua anggota. Kalau secara berkelompok pasti semuanya akan menerima, meskipun memerlukan waktu yang lama.
Untuk mengambil sebuah keputusan, tentunya diperlukan komunikasi untuk pengambilan keputusan. Seperti mengeluarkan pendapatannya untuk suatu acara yang akan dilaksanakan dan seperti memberikan suaranya setuju atau tidak terhadap akhir keputusan bersama.  
Komunikasi adalah "suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Dalam sebuah kelompok pasti terdapat komunikasi antar anggota. Komunikasi dalam kelompok harus efektif, agar pesan yang diberikan dari ketua ke anggota yang paling bahwa sampai dan tidak ada salah satu pesan yang hilang. Terdapat jaringan komunikasi, agar komunikasi dalam kelompok efektif:

1.      Model Rantai
Yaitu jaringan komunikasi yang memiliki sistem arus ke atas (upward) dan ke bawah (downward). Yang artinya hubungan komunikasi langsung dari ketua ke anggota-anggota yang lainnya.

2.      Model Roda
Yaitu jaringan komunikasi yang memiliki sistem seperti roda. Yang artinya semua pesan, perintah, dan lain-lain terpusat pada satu orang yang memimpin anggota-anggotanya.

3.      Model Lingkaran
Yaitu jaringan komunikasi yang dimana setiap orang hanya dapat berkomunikasi dengan orang yang berada disebelah kanan dan kirinya saja. Jadi di model jaringan komunikasi ini tidak ada pemimpin.

4.      Model Y
Yaitu jaringan komunikasi yang dimana hanya 3 orang saja yang dapat berkomunikasi seperti model rantai. Dan sisanya hanya dapat berkomunikasi dengan orang yang ada disebelahnya.

5.      Model Bintang
Yaitu jaringan komunikasi semua saluran yang dimana semua atau setiap anggota dapat berkomunikasi dan dapat mendapatkan informasi dari segala hal. Juga setiap anggota dapat melakukan timbal balik dengan semua anggota lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

audisi cerpen detektif indonesia