Pengantar Perilaku Organisasi

Organisasi adalah kumpulan orang-orang yang saling berkomunikasi dan bekerja sama, dan juga terhubung oleh sistem, dalam mencapai tujuan yang sama dari organisasi tersebut dan melaksanakan sesuia dengan misi yang telah disepakatin oleh semua anggota, sehingga tujuan tersebut tercapai.

Perilaku organisasi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku terhadap setiap individu yang ada di dalam suatu organisasi / kelompok, seperti kinerja baik secara kelmpok ataupun individual. Tujuan dari mempelajari perilaku organisasi salah satunya adalah dapat meramalkan kejadian untuk kehidupan kedepannya. Jadi dengan kita mengetahui perilakunya kita dapat menganalisis kinerjanya nanti, didalam organisasi.

Kemudian, jika suatu saat ada sesseorang yang tiba-tiba melakukan korupsi, padahal sebelumnya dia selalu jujur dalam melaksanakan tugasnya. Maka dari itu, sesseorang itu harus kita analisis, kenapa dia bisa berubah. Bisa saja karena keadaan yang tiba-tiba mendesaknya.

Di dalam organisasi, juga harus ada sanksi yang tegas untuk setiap individu yang ada di dalam organisasi. Sanksi ini bertujuan supaya yang melanggar peraturan-peraturan yang telah disepakati bersama, menjadi jera dan tidak akan melakukan pelanggaran tersebut. Sebuah sanksi haruslah tegas, karena jika tidak tegas hanya akan di anggap angin lalu. Dan sebuah sanksi juga harus benar-benar dijalankan, jangan hanya sebuah peraturan yang hanya ditulis di selembar kertas.

Di dalam organisasi juga terkadang terdapat masalah. Seperti, seseorang yang bernama X, di awal dalam melaksanakan tugasnya dia sangat bersemangat. Tetapi lambat laun, orang itu semakin malas datang ke dalam organisasi dan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Dan disini seorang manajer, harus mencari tahu alasannya kenapa orang itu menjadi malas. Mungkin saja karena si X selalu dilimpahkan tugas, yang seharusnya bukan miliknya, ke si X.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

audisi cerpen detektif indonesia