Yang dilakukan oleh HRD:
1.     Development (OD) / organisasi pengembangan
Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya. Untuk itu diperlukan pelatihan tenaga kerja, agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai diri dan ahli dibidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada

2.     Management (perencanaan sumber daya manusia)
Yang dilakukan seperti : Siapa yang keluar atau masuk dalam perusahaan dan diberitahu ke bagian HRD, Perubahan bisnis (produksi diperlebar), Perekrutan dan selesksi(mengumpulkan orang mealuli  stategi media sosial). 
Rekrutmen tenaga kerja adalah suatu proses untuk mencari calon pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan SDM organisasi atau perusahaan. Rekrutmen bisa melalui berbagai media seperti media sosial.
Seleksi tenaga kerja adalah suatur proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada. Dalam hal ini si penyeleksi akan melihat berkas lamaran seperti personal identity, CV (pengalama kerja), dan pendidikan.

3.     Evaluated
Untuk mengetahui apakah efektif atau tidaknya suatu program pelatihan untuk karyawan atau tenaga kerjanya, perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh meliputi evaluasi reaksi karyawan atau tenaga kerja dengan program pelatihan tersebut, evaluasi sesudah atau sebelum pelatihan, dan evaluasi dampak pelatihan oleh atasan


Pengelolaan hubungan antara management dengan karyawan untuk mendorong terciptanya iklim kerja kondusif bagi kedua belah pihak. Sehingga terjaga keseimbangan pelaksanaan hak dan kewajiban perusahaan maupun pekerja, serta terlaksananya kebijakan pemerintah yang terkait dengan baik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

audisi cerpen detektif indonesia