Hasil Kunjungan ke PT.Bakrie&Brothers Tbk.


PT. Bakrie & Brothers Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang Perdagangan Umum, Jasa Konstruksi, Pertanian, Pertambangan, Industri, terutama produksi pipa baja, bahan bangunan dan bahan konstruksi lainnya, system telekomunikasi, barang elektronik dan elektrik serta investasi termasuk penyertaan modal pada perusahaan lain.

VISSION
To became a leading Investment Company and a proxy of the Indonesian economy.

MISSION
To maximize shareholder value through profitable investment activities and enhancement of core portofolio’s value

ini beberapa pertanyaan yang kami ajukan beserta jawabannya:

1.     Bagaimana cara menyusun struktur organisasi yang efektif agar perusahaan berjalan dengan lancar ?
-         Penyusunan struktur organisasi PT Bakrie & Brothers Tbk. Dibentuk berdasarkan kebutuhan yang  disesuaikan dengan bidang usaha perusahaan itu yaitu perusahaan yang bergerak dibidang investasi.

2.     Bagaimana susunan struktur organisasi perusahaan ini dan peran masing-masing bagian ?
-         Struktur organisasi dapat dilihat dalam bagan yang telah dibuat oleh perusahaan



3.     Bagaimana peran masing-masing bagian sesuai dengan fungsi, kewenangan dan tanggung jawab atas jabatan yang dipegang oleh pemangku jabatan dalam struktur organisasi yang telah dibentuk ?

Secara garis besarnya sebagai berikut :
Dewan direksi menjalankan kegiatan usaha yang telah ditetapkan / direncanakan sesuai target dalam bidangnya masing-masing.

-         Chief Investment Officer – melakukan kegiatan investasi, jual beli saham, obligasi, investasi dia anak perusahaan DLL.

-         Chief Financial Officer – mengelola seluruh asset perusahaan, mencari dana, menyalurkan dana untuk kegiatan operasional perusahaan dan pembiayaan investasi yang dilakukan oleh Chief Investment Officer.

-         Chief Legal Officer – membuat perjanjian investasi, kontrak-kontrak proyek dan lain-lain agar tidak ada pelanggaran hukum.

-         Chief Risk Officer- memberikan pengawasan, saran dan pendapat atas investasi yang akan di ambil atau yang sudah dijalankan dan segala resiko yang dihadapi.

-         Chief Strategi Bussines Dev. Officer- membuat rencana, pilihan dan arahan kedepan baik jangka panjang maupun jangka pendek, mengenai investasi berpotensi mendapatkan keuntungan.

4.     Tantangan yang dihadapi perusahaan ?
-         Kondisi perekonomian global yang belom kondusif, melambatnya pertumbuhan ekonomi Negara maju, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang rendah, inflasi yang masih tinggi, nilai tukar rupiah yang tidak stabil.

5.     Bagaimana cara perekrutan karyawan baru ?
-         Perekrutan karyawan yang dilakukan perusahaan, melalui media yaitu menawarkan posisi jabatan yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan persyaratan, kwalifikasi yang telah ditentukan melalui perusahaan, konsultasi ketenagakerjaan (rekrutmen) yang berpengalaman untuk mencari tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai posisis jabatan yang akan diisi.

6.     Tujuan perusahaan ?
-         Seperti perusahaan lainnya tujuan perusahaan didirikan untuk mencari laba, agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan besar.
Namun dalam pendistribusian hasil laba perusahaan, tidak hanya untuk tumbuh dan berkembang perusahaan saja, tapi sebagian juga disalurkan untuk kepentingan social (Corporate Social Responsibility), mensehjahterakan karyawan, menciptakan lapangan kerja baru, pemberdayaan lingkungan, pembinaan usaha kecil menengah, dll.

7.     Bagaimana cara agar mencapai tujuan ?
-         Untuk mendapatkan laba pimpinan perusahaan memanfaatkan sumberdaya yang ada di perusahaan secara optimal dan melihat peluang berinvestasi di segala bidang baik jangka panjang maupun jangka pendek.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

audisi cerpen detektif indonesia